Minggu, 03 Juli 2022

Materi MPLS/MOS Kepramukaan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama kali para peserta didik masuk Sekolah/Madrasah untuk pengenalan program-program yang ada di sekolah/madrasah, sarana dan prasarana sekolah/madrasah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) di sekolah/madrasah.
Materi MPLS Kepramukaan
Pelaksanaan kegiatan MPLS bagi peserta didik baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif yang tujuannya adalah untuk mewujudkan sekolah/madrasah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka.

Ketentuan penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di tiap satuan pendidikan telah di diatur secara khusus dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru.

Kegiatan Pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran, hal ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru

Materi MPLS Kepramukaan

Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Sedangkan yang dimaksud "Kepramukaan" adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Sejarah Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Sedangkan di tahun yang sama, di Jakarta didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO).

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:
  • memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani;
  • menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

Materi MPLS Kepramukaan


Untuk mempelajari dan mempersiapkan pelaksanaan Masa Orientasi Sekolah silahkan rekan-rekan dapat mempelajari materi-materi MPLS Kepramukaan berikut
  • Materi MPLS Kepramukaan Disini
Demikian yang dapat mimin informasikan terkait materi MPLS Kepramukaan ini semoga bermanfaat untuk kita semua

Load comments